SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA MARGAMUKTI KECAMATAN PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG

Artikel

Periksa Mandiri Covid-19 Melalui Aplikasi PIKOBAR

16 Maret 2020 09:05:00    417 Kali Dibaca  Berita Desa

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil secara resmi me-launching aplikasi PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat) di Jabar Command Center, Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (20/3/20).

Setelah situs web pikobar.jabarprov.go.id, aplikasi PIKOBAR dikembangkan agar warga Jabar bisa mengakses data, melihat peta sebaran, berinteraksi, mengakses nomor darurat, periksa gejala mandiri dan seputar informasi mengenai COVID-19 melalui unduhan di gawai masing-masing.

"Dengan aplikasi PIKOBAR ini, mari warga Jabar bersama pemerintah kita semakin waspada dan paham terkait penyebaran, pencegahan, dan penanggulangan COVID-19," ucap Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil.

"Tolong (aplikasi PIKOBAR) di-download oleh jutaan warga Jabar supaya jangan kemana-mana lagi (cari informasi), semua urusan terkait COVID-19 ada di sini secara satu pintu," tambahnya.

Kang Emil juga menuturkan, inovasi teknologi berupa aplikasi PIKOBAR ini merupakan salah satu bentuk kesigapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dalam menanggulangi pandemi global virus asal Wuhan itu. Sementara masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan tanpa harus panik.

"Ini (penanggulangan COVID-19) bisa tercapai melalui transparansi data dan komunikasi terus-menerus agar masyarakat sadar dan tahu bagaimana harus menyikapi ini," ujar Kang Emil.

Dalam acara launching yang hanya dihadiri oleh media tanpa keramaian ini, Kang Emil turut memaparkan fitur aplikasi PIKOBAR, antara lain nomor darurat yang berisi akses call center semua rumah sakit rujukan serta update data yang berisi informasi dan perkembangan terkini kasus COVID-19 di Jabar, nasional, dan dunia. 

Selain itu, aplikasi PIKOBAR memiliki fitur Bantu Kita, yakni berfungsi menghimpun aspirasi warga yang ingin memberikan donasi dalam bentuk tunai atau logistik untuk penanggulangan COVID-19.

Melalui aplikasi ini, warga Jabar juga bisa melakukan diagnosa mandiri gejala-gejala yang dialami melalui fitur Periksa Mandiri, hingga menjadi relawan COVID-19 dengan fitur Daftar Relawan.

Sementara lewat fitur Permohonan Logistik, tenaga medis atau rumah sakit bisa mengajukan logistik yang diperlukan. Ada juga fitur Lapor Kasus, fitur untuk melaporkan suspect COVID-19 baik diri sendiri maupun orang lain. Lewat FAQ, Anda bisa mengetaui jawaban dari kumpulan pertanyaan yang sering diajukan terkait COVID-19.

Aplikasi PIKOBAR sendiri dirancang dengan semangat open source untuk terus dikembangkan oleh komunitas IT. PIKOBAR dikembangkan atas kontribusi dari mitra komunitas Jabar Digital Service, antara lain relawan COVID-19, Asosiasi Cloud Computing Indonesia, BSSN, Kawal Covid-19, Prixa.ai, Kita Bisa, Jasnita, Karta.id dan Sociomile serta memanfaatkan informasi dari Jabar Saber Hoaks dan Base Labs.

"Bagi komunitas IT silakan berkontribusi karena sifatnya open source. Mudah-mudahan tidak hanya di Jabar, tapi aplikasi ini hadir di provinsi lain," ujar Kang Emil.

Adapun selain membuat portal informasi PIKOBAR, Pemprov Jabar terus melakukan mitigasi dan pencegahan COVID-19, antara lain melakukan rapid test, mengampanyekan sosial distancing, membuat surat edaran penyesuaian sistem kerja bagi ASN di lingkungan pemprov, disinfecting ruang publik, hingga menambah rumah sakit rujukan.

https://jabarprov.go.id/index.php/news/37112/2020/03/20/Periksa-Mandiri-Covid-19-Melalui-Aplikasi-PIKOBAR

DOWNLOAD Aplikasinya Di Playstore https://pikobar.jabarprov.go.id

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:72
    Kemarin:273
    Total Pengunjung:254.633
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:103.17.183.2
    Browser:Tidak ditemukan