SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA MARGAMUKTI KECAMATAN PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG  

Mahasiswa KKN Melakkukan Penyuluhan Penyalahgunaan Anti Narkoba di RW 10 KP. RANCAMANYAR MARGAMUKTI

| 19 Agustus 2019 11:36:15 | Berita Lokal | 201 Kali

 Pada hari selasa 20 Agustus 2019, Mahasiswa/i UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang sedang melaksanakan KKN SISDAMAS 2019 di Pangalengan Margamukti kelompok 296 mengadakan kegiatan yang bertajuk Penyuluhan Penyalahunaan Anti Narkoba kepada pemuda/i dilingkungan RW 10 Kp. Rancamanyar.

Sekelumit kegiatan tersebut yakni membahas seputar narkoba, jenis-jenis, penyebab penyalahgunaan narkoba, akibat dari penyalahgunaan narkoba, hukum pidana, dan fatwa-fatwa MUI tenatng narkoba.

Adapun penyampaian materi disampaikan langsung oleh Mahasiswa/i UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Berhubungan dengan mahasiswa yang memiliki latarbelangan Prodi yang berbeda, maka dalam penyampaian materi didasarkan beberapa perspektif, yakni Penyuluhan Penyalahgunaan Anti Narkoba (Perspektif Sosial) yang disampaikan oleh Mahasiswi prodi Bimbingan Konseling Islam yakni Popy Sopianty, Penyuluhan Penyalahgunaan Anti Narkoba (Perspektif Hukum) yang disampaikan oleh Mahasiswi prodi Ilmu Hukum yakni Nafa Farihah dan Penyuluhan Penyalahgunaan Anti Narkoba (Perspektif Fatwa MUI) yang disampaikan oleh Mahasiswa prodi Perbandingan Madzhab dan Hukum yakni Bambang Nurjaman.

Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu Rumah warga yang memang berkenan menyediakan fasilitas dalam keberlangsungan acara ini, seperti kursi, infokus dan lain sebagainya. Acara yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam berjalan dengan lancar, dengan antusias audiens yang sangat responsif.

Salah satu yang latarbelakang kegiatan Penyuluhan Penyalahgunaan Anti Narkoba ini adalah didaerah Rancamanyar ini, khususnya RW 10 remaja sudah banyak yang menyalahgunakan obat-obatan, seperti komik, destro bahkan yang menggunakan lem. Karena ketidakmampuan membeli narkoba yang memang memiliki harga yang sangat mahal, maka mereka menggunakan obat-obatan yang memang memiliki efek yang sama dan dengan dosis yang tinggi.

Hal ini yang meneybabkan kami, khususnya pemateri yang pada akhirnya melakukan penyuluhan kepada remaja didaerah rancamnyar ini, yang kami pikir sangat penting dilakuakan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang bahanyanya penyalahgunaan narkoba bagi diri sendiri dan bagi orang-orang disekitar.

Penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan penerangan kepada remaja-remaja akan pentingnya menjaga diri sendiri dan orang-orang terdekat dari jeratan penyalahgnaan narkoba yang banyak memberika dampak yang buruk bagi generasi-generasi penerus bangsa. 

 

 Penulis: Popy

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung